Berselancar Pulau Tabuhan

Berselancar Layang di Pulau Tabuhan, Banyuwangi

Pulau Tabuhan di kawasan Banyuwangi merupakan salah satu pulau yang menjadi favorit para Atlit selancar layang dan juga selancar angin dari berbagai negara untuk menunjukkan segala aksinya dalam manuver di atas laut. Angin yang cukup kencang membuat para Atlit selancar layang menjadi lebih mudah dalam menerbangkan layangannya dan juga terangkat dari air singa memberikan visual yang sangat menarik untuk ditonton

Di Pulau Tabuhan ini, terdapat acara tahunan yang biasanya diadakan untuk kompetisi selancar layang dan diikuti oleh Atlit dari seluruh dunia. Beberapa waktu lalu, kurang lebih 36 atlet selancar layang yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Perancis, Jerman, Austria, punggung, Thailand, Singapura, bahkan Indonesia, saling adu ketangkasan dan tidak mau Allah.

Aksi yang dilakukan oleh para peselancar layang ini memanfaatkan angin untuk menjadi bantuan Penggerak utama nya. Acara ini didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan juga menjadi salah satu langkah untuk mempromosikan daerah Banyuwangi sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh seluruh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Menurut salah satu selancar layang asal Belanda, Pulau Tabuhan adalah tempat yang sangat istimewa bagi para peselancar, khususnya peselancar layang. Kecepatan angin yang ada di lautan ini memiliki kisaran 20 hingga 30 knot. Kecepatan angin tersebut sangatlah cocok untuk bermain selancar layang maupun selancar angin.

Pulau Tabuhan ini juga dikatakan sebagai tempat yang paling bagus di Indonesia untuk bermain selancar layang. Angin yang sangat keras dan selalu ada setiap waktu, akan sangat membantu bagi para peselancar layang untuk bermain. Selain itu di pulau ini, gaya free style dalam selancar layang sangat cocok dilakukan karena laut nya yang tidak berombak.

Berselancar Layang di Pulau Tabuhan, Banyuwangi

Pulau Tabuhan ini dikatakan akan selalu menjadi spot dalam berselancar layang bagi seluruh Atlit yang ada di dunia. Hal ini terlihat dari tingkat antusiasme para peserta yang datang dari segala macam negara di seluruh dunia dan mendaftar untuk mengikuti kegiatan selancar layang di Pulau Tabuhan ini.

Selain itu, agar olahraga di Pulau Tabuhan ini dapat berkembang, direncanakan akan dibuka pelatihan untuk warga lokal ataupun wisatawan yang tertarik untuk mencoba olahraga ekstrim yang satu ini. Warga lokal pun ke depannya akan diberdayakan guna mendukung segala kegiatan ekonomi produktif dengan basis pariwisata yang ada di Pulau Tabuhan.

Sebagai langkah awal, trainer dari luar negeri akan dibawa untuk mengajarkan bagaimana selancar layang yang baik dan benar. TrainerĀ  dari luar negeri ini ditujukan agar pelatih yang melatih calon pemain selancar layang adalah orang yang benar benar memenuhi kualifikasi.

Selain itu acara ini juga didukung oleh pemerintah Kabupaten, khususnya Bupati Banyuwangi. Beliau mengatakan bahwa acara ini dapat membantu langkah promosi pariwisata di kawasan Banyuwangi, khususnya di bagian utara, sebab sebelumnya bagian Selatan telah lebih dahulu terkenal melalui wisata pantai yaitu pantai pulau merah, Lengkung, juga pantai Sukamade. Pulau Tabuhan merupakan salah satu Destinasi wisata yang sangat berpotensi bagi wilayah Banyuwangi.

About the author: Scarlett Steward