Fakta Menarik Mengenai Kite Boarding ( Selancar Layang )

Fakta Menarik Mengenai Kite Boarding ( Selancar Layang )

Olahraga ekstrim merupakan olahraga yang membutuhkan kekuatan serta keberanian tetapi ketika Anda melakukannya. Olahraga ekstrim juga akan menjadi pemicu Adrenalin Anda saat Anda mencoba olahraga tersebut. Dalam dunia olahraga terdapat salah satu jenis olahraga yang mungkin masih baru terdengar ditelinga Anda, olahraga ini adalah olahraga selancar layang. Selancar layang merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan di atas air dengan menggunakan bantuan layang – layang.

Menurut sejarah, olahraga selancar layang ini yang mulai terkenal di tahun 1996, walaupun di saat itu hanya sebagian kecil dari masyarakat yang mengetahui jenis olahraga ekstrim akhir ini. Bukti nyata dari olahraga ini yang di sebut sebagai olah raga baru yaitu dengan sangat sedikit masyarakat yang tahu tentang jenis olah raga air ini, terbatas nya informasi mengenai apa itu selancar layang, peralatan yang disediakan untuk selancar layang di pantai, atau segala macam hal lain yang memiliki hubungan dengan olahraga selancar layang ini.

Selain itu jarang pula atlet yang dapat masuk menguasai olahraga ini dengan cepat. Belum masuknya cabang olahraga selancar layang ini ke dalam pekan olahraga nasional ataupun sea games membuktikan bahwa olahraga selancar layang ini belum lah terlalu dikenal oleh masyarakat luas.

Walaupun jenis olahraga selancar layang ini merupakan salah satu jenis olahraga yang langka, namun tetap saja banyak orang yang telah menguasai Olaraga ini secara profesional. Yang menjadi orang pertama dalam menguasai olahraga selancar layang secara profesional itu Leird Hamilton serta Manu Bertin. Menurut sejarah nya, kedua orang inilah yang telah memiliki jasa besar untuk mengenalkan selancar layang ke seluruh Penjuru dunia dengan memberikan berbagai teknik secara profesional dan juga menjadi juara dalam kejuaraan selancar layang tingkat internasional.

Kite Boarding

Olahraga selancar layang ini memang jauh lebih terkenal di dunia internasional dibandingkan dengan di Indonesia sendiri ataupun di negara lain di kawasan Asia. Hal ini karena olahraga ini juga pertama kali ditemukan di daerah Barat, bukannya di daerah timur. Maka tak heran jika orang Barat menjadi jauh lebih familiar dengan olahraga ekstrim aye satu ini dibandingkan dengan orang yang berada di Indonesia.

Namun hal ini tidak berarti bahwa Indonesia sama sekali tidak mengenal selancar layang. Di Indonesia dengan kekayaan alam yang sangat melimpah, dan juga memiliki pantai yang sangat cantik serta mengagumkan, ada pantai yang dapat digunakan untuk makan selancar layang, bahkan parahnya setara dengan pantai internasional. Pantai tersebut berada di kawasan bintang di kepulauan Riau.

Selain untuk memperkenalkan olahraga selancar layang ini kepada seluruh masyarakat luas yang ada di Indonesia, ini juga menjadi ajang promosi pemerintah daerah tentang keindahan alam yang dimiliki oleh pulau Bintan di Kepulauan Riau ini agar dapat dilihat oleh dunia internasional. Pantai Trikora yang berada di Bintan, kepulauan Riau ini juga telah digunakan sebagai pantai tuan rumah dalam mengadakan kejuaraan selancar layang tingkat internasional dengan diikuti 13 negara dari seluruh dunia. Negara tersebut meliputi Amerika Serikat, Inggris, Australia, Belanda, Jerman, Brazil, Perancis, Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura.

 

About the author: Scarlett Steward