paralayang kite boarding

Hal-Hal Unik Berkaitan dengan Kite Boarding

Hal-Hal Unik Berkaitan dengan Kite Boarding – Tahukah Anda terhadap olahraga Bungee Jumping dan Parasailing? Kedua olahraga ini termasuk kedalam olahraga ekstrem. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya peralatan yang lengkap, keberanian yang kuat, serta niat yang kokoh untuk memicu adrenalin Anda ketika Anda akan mencoba olahraga ini. Bungee Jumping berhubungan dengan ketinggian, begitu juga dengan Parasailing. Akan tetapi, selain kedua olahraga ini, ada juga satu olahraga lainnya yang termasuk kedalam olahraga ekstrem.

bungee jumping

Olahraga tersebut adalah olahraga kite boarding. Kite boarding merupakan suatu olahraga yang tergolong baru di dunia olahraga. Menurut catatan sejarahnya, olahraga ini mulai terkenal secara global adalah pada tahun 1996 walaupun masih sebagian kecil masyarakat saja yang mengetahui olahraga ekstrem yang satu ini. Kite boarding memiliki nama lain, yakni kite surfing. Salah satu bukti nyata bahwa olahraga yang satu ini tergolong kedalam olahraga baru adalah masih sedikitnya masyarakat yang mengetahui tentang olahraga ini, masih terbatasnya informasi, peralatan, maupun berbagai macam hal-hal yang berhubungan dengan olahraga ini, masih jarangnya atlet-atlet ataupun orang yang dapat menguasai olahraga ini secara profesional, dan juga belum masuknya cabang olahraga ini pada berbagai macam kejuaraan, seperti Pekan Olahraga Nasional atau PON maupun Sea Games.

Namun, walaupun kite boarding atau kite surfing ini termasuk olahraga yang langka, tetapi tetap saja, tentu saja ada juga orang-orang yang telah menguasai olahraga ini secara profesional. Yang pertama adalah dua orang lelaki yang bernama Leird Hamilton dan Manu Bertin. Menurut catatan sejarah, kedua lelaki ini merupakan orang-orang yang telah berjasa untuk mengenalkan olahraga kite boarding atau kite surfing ini kepada khalayak umum dan dunia internasional. Selanjutnya, ada juga seorang pria yang bernama Robby Naish yang telah menguasai berbagai macam teknik kite boarding atau kite surfing secara profesional dan juga telah menjadi juara dalam kejuaraan kite boarding atau kite surfing tingkat internasional.

Kite boarding atau kite surfing memang lebih dikenal di dunia internasional dibandingkan dengan Indonesia maupun Negara-negara di kawasan asia lainnya. Hal ini dikarenakan olahraga ini pertama kali juga ditemukan didaerah barat dunia, bukan di daerah timur. Tak mengherankan jika orang-orang barat lebih familiar dengan olahraga yang satu ini ketimbang dengan orang-orang Indonesia.

pantai trikora

Namun, bukan berarti di Indonesia tidak pernah ada orang yang bermain kite boarding ini. Dengan memanfaatkan kekayaan alamnya berupa pantai yang cantik dan mengagumkan dengan memiliki ombak yang cocok untuk kite boarding atau kite surfing, pemerintah daerah Bintan di Kepulauan Riau bahkan menyelenggarakan suatu kejuaraan kite boarding atau kite surfing bertaraf internasional. Tentu saja, selain untuk memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat luas, sekaligus sebagai ajang mempromosikan mengenai keindahan alam pulau Bintan di Kepulauan Riau ke dunia internasional.

Pantai yang digunakan dalam kejuaraan kite surfing ini adalah Pantai Trikora yang terletak di Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia. Dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah kota Bintan ini, ada 13 negara dari seluruh dunia yang berpartisipasi didalamnya. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Australia, Belanda, Selandia Baru, Brazil, Prancis, Malaysia, bahkan Singapura. Ada tiga kategori yang dilombakan dalam kejuaraan tersebut, yakni kategori freestyle, speed, dan jumping. Sebelum hari H kejuaraan, para atlet-atlet tersebut telah berada di Pantai Trikora beberapa hari sebelumnya untuk mencoba ‘berkenalan’ dengan ombak dan angina yang berhembus di Pantai Trikora tersebut.

About the author: Scarlett Steward