Jenis – Jenis Layangan dalam Olahraga Kite Boarding

Jenis – Jenis Layangan dalam Olahraga Kite Boarding

Di dunia ini, terdapat banyak olahraga ekstrim. Salah satu laga sering yang cukup asing di telinga masyarakat adalah selancar layang. Selancar layang ini dikenal juga dengan nama kite surfing atau kite boarding.

Olaraga ini merupakan olahraga ekstrim yang menggunakan bantuan Layanglayang untuk menarik seseorang yang meluncur di atas air. Ketika meluncur dapat digunakan beberapa teknik misalnya free  style, free ride dan beberapa teknik lainnya.

Untuk melakukan olahraga ini, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja jenis layangan yang digunakan dalam selancar layang. Berikut adalah beberapa jenis layangan yang digunakan dalam olahraga ekstrim ini:

  • Tipe Delta
Tipe Delta

Layangan dengan tipe Delta ini merupakan layangan yang memiliki cukup banyak tentang angin di dalam penggunaannya. Layangan ini dikatakan sangat cocok bagi Anda yang masih merupakan pemula dalam selancar layang.

  • Tipe C
Tipe C

Layangan di tpie Cini merupakan layangan dengan bentuk setengah lingkaran. Bayangan ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang ingin menggunakan teknik free style atau teknik bebas. Layangan dengan jenis ini sangat kuat juga cepat dan tingkat anginnya lebih rendah dibandingkan dengan layangan tipe lain.

  • Tipe hibrida
Tipe hibrida

Layangan dengan tipe hibrida merupakan jenis layangan dengan tipe campuran. Layangan ini merupakan gabungan dari fleksibilitas dan kekuatan juga kontrol yang sangat kuat.

  • Tipe Flat atau Bow
Tipe Flat atau Bow

Layangan dengan tipe ini merupakan layangan yang dapat Anda gunakan di saat angin bertiup kencang, sebab layangan ini memiliki sifat yang sangat fleksibel terhadap angin.

  • Tipe Foll
Tipe Foll

Layangan dengan tipe ini merupakan layangan yang mirip digunakan oleh para pemain Paragliding. Layangan ini memiliki dua lapisan Pano yang dibagi dalam beberapa sel. Layangan dengan tipe ini lebih tahan lama terhadap dampak angin dan juga ombak dibandingkan dengan tipe layangan lainnya.

Itulah beberapa jenis layangan yang biasa digunakan dalam olahraga selancar layang. Jika Anda merupakan seseorang yang ingin mencoba olahraga selancar layang ini dan Anda tinggal di Indonesia, maka Anda harus lebih dahulu mengetahui pantai mana sajakah yang bisa Anda jadikan sebagai tempat berselancar layang, karena tidak semua pantai dapat digunakan sebagai tempat selancar layang.

Pantai yang menjadi favorit orang untuk selancar layang ini yang nantinya akan lebih aman bagi Anda yang ingin mencoba. Pantai yang cukup populer untuk berselancar layang yaitu pantai Likey. Pantai ini terletak di kawasan Tumpu, provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai tersebut memiliki banyak spot selancar layang. Untuk kondisi angin, kawasan ini cukup kencang, sehingga akan sangat mendukung bagi Anda untuk berselancar layang.

Itulah beberapa jenis layangan yang biasa digunakan dalam olahraga selancar layang. Anda bisa menggunakan salah satu jenis layangan tersebut sesuai dengan kapasitas dan juga kebutuhan Anda. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahlinya agar Anda tidak salah dalam memilih layangan dan juga tidak salah dalam melakukan teknik sebab olahraga ini merupakan olahraga yang terbilang ekstrim. 

About the author: Scarlett Steward