Sejarah Kite Boarding

Sejarah Kite Boarding ( Selancar Layang )

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat penting untuk hidup manusia dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Olahraga merupakan kegiatan yang manfaatnya sangat banyak bagi tubuh pikiran serta mental seseorang. Di dunia, ada banyak sekali orang yang mencintai olahraga, sehingga banyak pula orang yang mengabdikan diri untuk menguasai atau mempelajari satu hingga lebih segala macam teknik olahraga yang ada di seluruh dunia.

Orang dengan kemampuan untuk menguasai salah satu teknik tertentu dalam olahraga disebut juga sebagai seorang atlet. Namun banyak juga orang yang tidak memiliki balikan sama sekali terhadap satu olahraga pun. Banyak alasan mengapa orang tidak menyukai olahraga. Salah satunya mungkin orang tersebut tidak menyukai keringat, juga orang tersebut malas untuk bergerak atau tidak ingin tubuhnya terlalu lelah, dan segala alasan lainnya. 

Di seluruh dunia, banyak sekali jenis macam olahraga. Bahkan, banyak sekali olahraga yang tidak memberikan keringat kepada tubuh Anda. Olahraga yang tidak memberikan keringat misalnya seperti Yoga dan segala macam olahraga air. Olah raga air yang paling terkenal di kalangan masyarakat luas itu seperti berenang, diving,surfing, dan lain – lain. Tetapi pernahkah anda mendengar sebelumnya mengenai selancar layang ?

Olahraga selancar layang ini merupakan salah satu olahraga yang sangat mengunggah andrenalin Anda dan juga sangat menakjubkan untuk dilakukan. Jika sebelumnya Anda sudah pernah mendengar tentang selancar layang, maka Anda merupakan orang yang sangat mengikuti perkembangan olahraga, khususnya olahraga air. Namun jika Anda belum pernah mendengar tentang olahraga ini sebelumnya, maka tidak ada salahnya Anda untuk mempelajari olahraga yang terbilang baru ini.

Selancar layang ini merupakan olahraga air yang menggunakan kekuatan layang – layang untuk surfing. Jika Anda sudah terbiasa melakukan Surfing, maka Anda dapat melakukan olahraga selancar layang ini dengan juga lebih mudah dibandingkan orang lain yang belum pernah surfing sebelumnya.

Kite Boarding

Olahraga ini sebenarnya hampir sama dengan Surfing pada umumnya, namun ada tambahan kekuatan dari layang – layang  yang Anda pegang di pangkat papan surfing Anda. Tujuan dari layang – layang ini yaitu untuk menambah kekuatan Anda dalam berputar, bergerak, I serta melihat untuk mengikuti gerakan ombak.

Di Indonesia, jenis olahraga air belum terlalu populer. Hanya di beberapa daerah saja yang sudah mulai mencoba dan mengenal salah satu olahraga air ekstrim ini. Wilayah yang telah mencoba itu seperti Bali, Banyuwangi, Aceh, Bintan.

Olahraga air ini memang terbilang baru, walaupun tekniknya sendiri sudah banyak digunakan sejak abad ke 12. Di abad ke 12, tepatnya di negara Cina, nelayan yang berlayar menggunakan tenaga layang – layang untuk membantu menarik perahu yang mereka gunakan supaya perahu tersebut lebih mudah untuk meluncur di permukaan air.

Tidak lama setelah itu, seseorang dari Inggris, Samuel Cody, telah berhasil menyeberangi selat Inggris dengan bantuan layang – layang yang diletakkan untuk menarik kano  miliknya. Semenjak saat itu pemanfaatan layang – layang terhadap perahu semakin populer dan terus dikembangkan. Hingga saat ini terdapat olahraga yang dinamakan selancar layang.

Di Indonesia, jenis olahraga air belum terlalu populer. Hanya di beberapa daerah saja yang sudah mulai mencoba dan mengenal salah satu olahraga air ekstrim ini. Wilayah yang telah mencoba itu seperti Bali, Banyuwangi, Aceh, Bintan. Olahraga air ini memang terbilang baru, walaupun tekniknya sendiri sudah banyak digunakan sejak abad ke 12.

Di abad ke 12, tepatnya di negara Cina, nelayan yang berlayar menggunakan tenaga layang – layang untuk membantu menarik perahu yang mereka gunakan supaya perahu tersebut lebih mudah untuk meluncur di permukaan air.

Tidak lama setelah itu, seseorang dari Inggris, Samuel Cody, telah berhasil menyeberangi selat Inggris dengan bantuan layang – layang yang diletakkan untuk menarik kano  miliknya. Semenjak saat itu pemanfaatan layang – layang terhadap perahu semakin populer dan terus dikembangkan. Hingga saat ini terdapat olahraga yang dinamakan selancar layang.

About the author: Scarlett Steward