teknik dasar kite boarding

Teknik-Teknik Dasar Untuk Menguasai Kite Boarding

Teknik-Teknik Dasar Untuk Menguasai Kite Boarding – Kite boarding memiliki nama lain yakni kite surfing. Kite boarding merupakan suatu olahraga ekstrem yang merupakan perpaduan antara berbagai macam dan jenis olahraga seperti surfing, paragliding, gymnastic, dan yang lainnya. Cara bermainnya hamper sama dengan surfing, namun ada tambahan layang-layang yang akan membantu Anda untuk bergerak lebih lincah diatas permukaan air laut.

Setelah Anda mengetahui beberapa informasi dari sebuah olahraga yang dikategorikan baru ini, apakah ada ketertarikan dalam diri Anda untuk mencoba olahraga yang satu ini? Jika iya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mencoba olahraga kite boarding atau kite surfing ini. Hal-hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu adalah mengenai gaya bermain yang berlaku dalam olahraga ekstrem ini.

Dalam olahraga kite boarding atau kite surfing, terdapat beberapa teknik yang wajib Anda kuasai dan juga teknik-teknik yang tidak wajib untuk Anda kuasai. Teknik-teknik yang wajib Anda kuasai disebut juga dengan teknik dasar kite boarding atau kite surfing. Teknik dasar pada olahraga kite boarding sama halnya dengan teknik dasar pada olahraga surfing. Berikut beberapa langkah-langkah untuk menguasai teknik dasar surfing:

Mencari tempat yang tepat

Sebelum Anda latihan, hal yang harus Anda persiapkan setelah memiliki berbagai macam peralatan yang lengkap adalah mencari tempat yang tepat. Tak bisa dipungkiri, tepat atau tidaknya tempat yang Anda pilih memiliki pengaruh terhadap kecepatan Anda dalam menguasai teknik-teknik dasar surfing ini.

Bagi Anda yang baru pertama kali memasuki dunia surfing, carilah pantai dengan ombak setinggi 1-2 ft atau setinggi dada orang dewasa. Memang ombak ini tidak terlalu kelihatan menakjubkan, namun memang ketinggian itulah yang kebanyakan digunakan orang-orang untuk latihan.

Paddle Out

Paddle Out dikenal juga dengan sebutan mendayung. Inilah teknik yang wajib Anda kuasai terlebih dahulu sebelum menguasai teknik-teknik yang lainnya. Karena teknik ini merupakan suatu teknik yang utama. Caranya adalah letakkan papan selancar ke air jika kedalaman air telah mencapai paha atau pinggang Anda. Lalu, silahkan rebahkan tubuh Anda di dek papan selancar yang telah Anda bawa.

Carilah posisi optimal untuk melawan arus ombak dan berikanlah kekuatan pada saat mendayung. Posisi yang optimal ini hanya Anda yang merasakannya, karena posisi optimal setiap orang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Posisi ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan badan Anda terhadap papan selancar Anda.

Duck Diving

duckdivingDuck Diving atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah gaya bebek merupakan teknik yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan energy Anda. Energi atau stamina Anda tentu saja banyak terbuang jika Anda telah melakukan paddling berkali-kali. Terlebih lagi jika banyak ombak yang menghantam diri Anda. Jika Anda mulai merasa kewalahan untuk mengatasi hantaman ombak, Anda dapat melakukan gaya bebek ini. Gaya bebek ini memungkinkan Anda untuk lewat dibawah ombak ketika mengayuh keluar, sehingga tubuh Anda tidak akan terkena hantaman ombak.

Popping Up

Popping Up merupakan teknik yang juga wajib Anda kuasai setelah teknik paddling atau paddle out tadi. Popping up merupakan teknik menggerakkan kaki secara cepat dan tepat agar Anda dapat berdiri dengan seimbang diatas papan selancar Anda. Jika Anda telah melakukan popping up dengan tangkas, selanjutnya Anda dapat menguasai teknik-teknik kite surfing yang lainnya. Hal ini dikarenakan permainan kite surfing hanya dapat dilakukan apabila Anda dapat berdiri diatas papan selancar Anda.

Keempat hal diatas merupakan langkah-langkah yang harus Anda tempuh sebelum mempelajari teknik kite boarding atau kite surfing. Jika Anda telah menguasai ketiga teknik diatas, hal selanjutnya yang dapat Anda pelajari adalah mengenai teknik-teknik untuk berbagai macam gaya permainan kite boarding.

About the author: Scarlett Steward